Senin, 31 Oktober 2011

Definisi Akuntansi


PETA KONSEP


Definisi akuntansi

Sebelum mempelajari lebih dalam tentang fungsi dari akuntansi ada baiknya terlebih dahulu kamu memahami pengertian dari akuntansi. Banyak ahli yang memberikan definisi terhadap ilmu akuntansi berdasarkan pengkajian yang pernah mereka lakukan. Berikut ini beberapa pengertian akuntansi dari para ahli atau lembaga yang berkompeten mengenai hal tersebut. Dari pengertian berikut ini kamu dapat mengambil kesimpulan sendiri tentang definisi akuntansi.
Akuntansi pada dasarnya merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu informasi keuangan untuk pengambilan keputusan dan pengendalian organisasi (AKUNTAN PPPA.DEPDIKBUD)

A.     Akuntansi merupakan bahan kajian mengenai suatu sistem untuk menghasilkan informasi berkenan dengan akuntansi keuangan untuk pengambilan keputusan ddan tanggung jawab dibidang keuangan baik oleh pelaku ekonomi swasta. Akuntansi perusahaan / pemerintah ( akuntansi pemerintah ).pemerintah        akuntansi pemerintah / ataupun organisasi masyarakat lainnya.
( Akuntansi publik(kurikulum berbasis kompetensi 2003)
B.    Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah menyediakan data akuntantif, terutama yang bersifat keuangan dari satuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputasan-keputusan ekonomis dalam pemilihan alternatif suatu keadaan-keadaan ( Terjemahan bebas definisi akuntansi dari Amerika instituteat certitied public Accountant)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates