Senin, 14 November 2011

Jenis-jenis model Decision Making


  1. Menghentikan atau meneruskan produk-produk yang tidak menguntungkan.
Bagi perusahaan yang menghasilkan lebih dari satu jenis produk dan membuat laporan laba/rugi baik secara total maupun untuk tiap jenis produk, maka perlu pula dialokasikan besarnya fixed cost pada masing-masing jenis produk. Sekalipun suatu jenis produk mengalami kerugian, belum tentu produk tersebut harus dihentikan produksinya, sebab jika kerugian masih di atas variabel cost, maka berarti produk-produk tersebut masih memberikan kontribusinya kepada biaya tetap (fixed cost).


Contoh soal:
PT ABC mempunyai data sebagai berikut:
                                          Produk A         Produk B         Produk C         Total   
                                          _______          _______          _______          ________
Penjualan                          Rp 1.200         900                  300                  Rp 2.400
Cost of good sold:
Variable cost:                    Rp    720         540                  210                       1.470
Fixed cost                                 240         180                  60                           480
                                         ________         ________        ________        _________
Total cost                          Rp   960          720                  270                       1.950
Laba kotor                                 240          180                  30                           450
Biaya penjualan    :
Variable cost:                             80             60                  30                             170
Fixed cost                                  60              45                 15                              120
                                          ________        _______          _______          _________
Total cost                          Rp   140          105                  45                            290

Laba sebelum pajak          Rp  100           75                   (15)                          160
Diminta: buatlah analisa apakah menghentikan atau meneruskan produk C ?
Jawab:
                                                     
                                                      Jika produk C                         Meneruskan
                                                      Dihentikan                               produk C
                                                      ________________                ____________
                                                      A          B          Total                Total
Penjualan                               Rp 1.200    900      2.100               2.400
Variable cost:
Cost of sale:                                     720   540     1.260               1.470
Market cost                                        80      60        140                  170
Total variable cost                            800   600      1.400               1.640
                                                      ____    ____    _____              _____
Marginal income:                             400   300          700                 760


Fixed cost:
Cost of sale:                                                             480                 480
Marketing cost                                                         120                 120
                                                                              _______          ______
600                                      600

Laba                                                                        100                160

Kesimpulan: manajemen meneruskan produk C.


                                         
  1. Menjual atau memproses lebih lanjut.

Dalam kasus ini, konsep biaya opportunity cost mempunyai peranan penting, yaitu berapa keuntungan yang hilang, karena dipilihnya beberapa alternative lainnya.
Contoh:
Sebuah perusahaan memproduksi kain mori yang kapasitas normal mesinnya adalah 100.000 meter. Perusahaan bisa memilih antara seluruhnya dijual dalam bentuk mori kasar dengan harga jual Rp 350 per meter atau menjual mori kasar sebanyak 80% dan sisanya 20% diproses lebih lanjut menjadi mori halus yang harga jualnya Rp 700 per meter. Biaya pengolahan lebih lanjut adalah Rp 250 per meter. Data produksi pengolahan lebih lanjut adalah sebagai berikut:
-       75% akan menjadi mori halus
-       15% tetap menjadi mori kasar
-       10% rusak dan tidak laku dijual.
Diminta: Saudara analisa apakah 20% diolah lebih lanjut apa tidak?
Jawab:
Analisa:
20% x 100.000 meter= 20.000 m diolah lebih lanjut.
75% x 20.000        = 15.000 m (mori halus)
15% x 20.000        =   3.000 m (mori kasar)
10% x 20.000        =   2.000 m (mori rusak)
Pendapatan differensial:
15.000 meter x Rp 700     =                      10.500.000
  3.000 meter x      350      =                       1.050.000
Total pendapatan diff        =                      11.500.000
Biaya differensial:
Opportunity cost   = 20.000 x Rp 350 =   7.000.000
Tambahan biaya   = 20.000 x Rp 250 =   5.000.000 +
                                                                  12.000.000
Selisih                                                            450.000

Jadi karena pendapatan differensial lebih kecil dari differential cost maka 20% tidak diproses lebih lanjut.


  1. menerima atau menolak pesanan khusus.
Perusahaan X mempunyai kapasitas normal untuk membuat suatu produk 100.000 unit. Produksi sekarang 80.000 unit. Biaya-biaya produksi per unit adalah sebagai berikut:
Direct material (DM)   =          Rp       100
Direct Labor (DL)        =          Rp       200
Factory overhead       =          Rp       100 (VC)
Factory overhead       =          Rp       100 (FC) (100.000)
                                                Rp       500
Harga jual yang berlaku Rp 600/unit. Perusahaan A memesan produk perusahaan itu tapi dengan harga Rp 410 per unit, sejumlah 10.000 unit. Biaya pengiriman untuk pesanan khusus adalah sebesar Rp 100.000 ( Rp 10 per unit).
Diminta: Saudara analisa, apakah pesanan khusus tersebut diterima atau ditolak!
Jawab:
Berdasarkan tingkat kapasitas produksi perusahaan, maka kapasitas normal perusahaan 100.000 unit, produksi dan penjualan untuk memenuhi pesanan regular 80.000 unit. Jadi sisa kapasitas yang menganggur adalah 20.000 unit. Pesanan dari perusahaan A sebanyak 10.000 unit, maka dapat terpenuhi. Namun perusahaan A memesan dengan harga jual Rp 410.
Harga jual pesanan khusus dibandingkan dengan variable cost:
Harga jual pesanan khusu:     Rp       410
Variable cost:
Dm      =          Rp 200
Dl         =          Rp 100
FOH    =          Rp 100
Tambah biaya pengiriman: Rp 10, jadi total biaya per unit Rp 410.
HJ – VC = 410 – 410 = 0.
Jadi berdasarkan perhitungan di atas maka pesanan khusu diterima , walaupun tidak memperoleh laba, tetapi pulang pokok. Karena dapat memberikan kontribusi untuk menutupi biaya tetap.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates