Selasa, 25 Oktober 2011

Mengindentifikasi sumber pencatatan


Transaksi yang merupakan sumber pencatatan dalam akuntansi dapat dibedakan menjadi dua (2),yaitu transaksi intrn dan ekstern

a)      Transaksi intern atau sering juga disebut kejadian, merupakan transaksi yang terjadi di dalam perusahaan sendiri dengan tidak berkaitan dengan perusahaan lain (pihak diluar perusahaan )
b)      Transaksi ekstern merupakan transaksi yang terjadi dan berkaitan dengan perusahaan lain (pihak diluar perussahaaan)

Bukti-bukti transaksi atau kegiatan usaha yang dibuat oleh perusahaan sendiri disebut bukti internn sedangkan bukti-bukti transaksi atau kegiatan usaha yang di terima dari perusahaan lain (pihak lain) disebut bukti ekstern.
Berikut bukti-bukti transaksi yang sering digunakan oleh perusahaan antara lain faktur, kuitansi, nota debit, memo, bukti penerimaan kas, dan pengeluaran kas.

1)      Faktur
Faktur adalah bukti dari transaksi penjualan atau pembelian barang yang dilakukan secara kredit, fakur dibuat oleh pihak penjual untuk diserahkan kepada pihak pembeli. Bagi pihak penjual faktur yang dikeluarkan untuk pembeli disebut sebagai faktur penjualan sedangkan bagi pembeli faktur yang diterima dari penjual tersebut dinamakan faktur pembeli.
2)      Kuitansi
Kuitansi adalah bukti pembayaran yang dibuat oleh pihak penerima dana sejumlah uang atau cek untuk suatu transaksi atau kegiatan usaha, kemudian diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran tersebut.
Kuitansi menjadi bukti transaksi yang dilakukan secara tunai, dalam praktek sehari-hari. Kuitansi dibuat rangkap dua (2) .kuitansi yang asli diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran, sedangkan salinannya untuk arsip pihak yang menerima uang.
3)      Nota debit
Nota debit adalah bukti perhitungan yang dibuat oleh suatu perusahaan (sebagai pembeli). Tentang pengiriman kembali barang-barang yang telah dibeli karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan kepada penjualnya. Pengambilan seperti ini disebut juga dengan return pengembalian. Nota debit dalam praktekya dibuat rangkap 2 atau 3, satu untuk penjual sedangkan lainnya sebagai pertinggal (arsip)











0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates