Senin, 05 November 2012

Pelajaran dari ZZZ best






Pada usia 16 tahun,Barry Minkow memulai bisnis pembersihan karpet dengan mamanfaatkan gerasi orang tuanya. Minkow secara agresif mempromosikan perusahaannya ke wall Streetdan berhasil menarik banyak investor luar. Dalam masa itu, Minkow dipandang  sebagai remaja pengusaha besar (tycoon). Kisah perusahaannya, yang dinamai ZZZ Best, berakhir tragis ketika Minkow, pada usia 21, dijatuhi hukuman penjara 25 tahun karena meyelewengkan uang investor sebesar $26 juta dengan memberikan informasi palsu bahwa perusahaanya menguntungkan dan berhasil. Tujuh tahun kemudian, setelah bebas dari penjara, minkow menyatakan bahwa dirinya sudah berubah.
            Menurut Minkow, pengalamannya telah mengajarkan kepadanya gejala-gejala korupsi yang dilakukan seseorang dan kurangnya pengendalian bisnis.

A. Penipuan kecil dapat mendorong timbulnya  penipuan bessar
      Minkow menceritakan bahwa pengalamannya dimulai dengan mencuri kiriman uang sebesar $200 dari toko minuman setempat. Pengalaman selanjutnya adalah melakukan pembebanan yang berlebihan kepada kartu kredit pelangan, dan akhirnya dia penipu investor. Minkow mengatakan bahwa perilaku cenderung menggelapkan  menjadi seakan-akan dianggap lumrah:
” bila saya sudah pernah berhasil melakukannya, mungkin saya akan melakukanya lagi dengan hasil yang sama .”

B. Mengambil Jalan Pintas atau gampangnya saja.
      Suatu saat, setelah menyelesaikan pekerjaan pembersihan karpet, Minkow menawarkan kepada pelanggannya untuk memperbagus karpet tersebut dengan Scothhguard dengan biaya $100. Ketika dia mengambil perlengkapanya dari truk, Minkow menyadari bahwa Scothguard-nya tidak ada yyang tersisa di dalam truk. Daripada harus mengambil Scothguard Minkow menyiram karpet tersebut dengan air saja.

C. Obsesi yang tidak sehat mengenai pandangan orang terhadap Anda.
      Mengatakan bahwa dirinya merasa tidak nyaman ditengah-tengah teman sekelas yang diantar ke sekolah dengan Mercedes, dan hal ini telah menumbuhkan obsesinya untuk kaya dan terpandang.

D Harga Diri.
      Minkow menceritakan bahwa ibunya pernah datang ke kantornya ketika masa puncak kejayaanya dan bertanya apakah dia mengenal tuhan. Minkow menjawab, ”Tuhan. Berapa harganya ? saya akan membelinya.”

      Minkow telah menulis sebuah buku, mendalami kitab suci, dan mendapat gelar di bidang teologi. Dia juga menjadi penyiar radio dan memberikan kuliah berdasarkan pengalamanya.  Dia bertekad semua uang yang diperolehnya dari upaya ini akan diberikan kepada para investor yang mengalami kerugian dari ZZZ best . Bagi mereka yang mengatakan hal ini hanya sebagai kamuflase, minkow mengatakan ”kemurnaian dibuktikan dengankonsistensi.” para investor yang tertipu akan menunggu apakah janji Minkow tersebut akan terwuud.

Di ambil dari buku :

PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
Jilid 1
NISWONGER. WARREN. REEVE. FESS

Edisi 19

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates